Sukses Psikotes dan Wawancara Kerja

Sebelum donwload file, tinggalkan jejak di kolom komentar dan klik tombol subscribe di bawah ini agar kami terus tetap semangat berbagi. Salam Literasi ;)

Tes psikologi (psikotes) dan wawancara kerja (interview) merupakan satu paket dalam proses seleksi calon karyawan yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Tes ini bertujuan mencari orang yang cocok dan pas, baik dari tingkat kecerdasan, serta sifat dan kepribadian. Istilah kerennya mendapatkan "the right man on the right place". Dasar pemikiran lain kenapa perlu diadakan seleksi, yaitu adanya perbedaan potensi yang dimiliki setiap individu. Perbedaan itu akan menentukan pula perbedaan dalam pola pikir, tingkah laku, minat, serta pandangannya terhadap sesuatu. Kondisi itu juga akan berpengaruh terhadap hasil kerja. 
Psikotes merupakan bagian dari rangkaian seleksi sebuah lowongan kerja, yang kerap memiliki arti penting. Psikotes, percaya atau tidak, merupakan perangkat untuk menangkap kecenderungan para pelamar, yang meliputi kemampuan intelektual atau
kepribadian. Dua hal ini tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan yang tersedia.
Proses psikotes itu sendiri cukup spesifik : dimulai dari perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Lalu perusahaan tersebut menetapkan sejumlah kualifikasi yang
harus dipenuhi para pelamar kerja. Untuk alasan efisiensi, biasanya perusahaan tersebut meminta bantuan pada lembaga psikologi terapan untuk mengadakan psikotes yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya, dengan gambaran kualifikasi yang ditetapkan perusahaan, lembaga tersebut berusaha menangkap kemampuan dan kecenderungan untuk memenuhi kualifikasi tersebut.
Selengkapnya dapat dibaca di bawah ini:

Jika anda mengalami kesulitan dalam mendownload, ikuti langkah pada link yang telah disediakan di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sukses Psikotes dan Wawancara Kerja"

Post a Comment